Keswan Jembrana: Perkawinan Sapi Sedarah Merusak Mutu Genetik

Home/Peristiwa/Berita/Keswan Jembrana: Perkawinan Sapi Sedarah Merusak Mutu Genetik

Perkawinan sedarah sapi Bali masih sering terjadi. Hal tersebut dinilai hal lumrah oleh masyarakat, padahal menurut kesehatan salah karena bisa merusak mutu genetik sapi.

Karena itu, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana mulai gencar memberikan pelayanan kesehatan sapi Bali untuk penyelamatan populasi sapi Bali.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Jembrana I Wayan Widarsa mengatakan, perkawinan sedarah sapi Bali masih sering terjadi di peternak.

Hal tersebut menyebabkan kualitas sapi itu akan jelek anak-anaknya, pertumbuhan kurang maksimal cenderung akan kerdil dan rentan terhadap penyakit. “Hal ini sering terjadi terutama sapi yang di lepas,” ujar Widarsa.

Pada saat pelayanan kesehatan kemarin, sapi yang warga bawa kebanyakan adalah sapi bali, sapi-sapi ini diberikan suntikan vitamin obat cacing hingga pelayanan kawin suntik oleh petugas.

Bahkan, sapi-sapi yang sedang bunting di data petugas. Menurutnya, dengan kegiatan pelayanan kesehatan hewan terutama ternak sapi Bali ini diharapkan akan mampu meningkatkan populasi serta kualitas sapi Bali di Jembrana.

Sumber: radarbali.jawapos.com 

Berita lain:
Bulog Rejang Lebong siapkan 3,4 ton daging beku – antaranews.com 
Inilah Cara Pengolahan Kotoran Sapi untuk Pengganti Gas Elpiji dan Tenaga Listrik di Boyolali – joglosemarnews.com 
Hujan Pengaruhi Kesehatan Hewan Ternak, Diantaranya Diare – radarbromo.jawapos.com 
Gelar Pelatihan Penggemukan Sapi dan Bantu Mesin UMB – radarbanyuwangi.jawapos.com

By | 2020-08-19T11:42:38+00:00 August 19th, 2020|Berita, Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment