Sapi Betina tak boleh Disembelih, Polres Terjunkan Tim

Home/Peristiwa/Berita/Sapi Betina tak boleh Disembelih, Polres Terjunkan Tim

Guna mengantisipasi adanya pemotongan hewan sapi betina produktif yang dilarang pemerintah pada Idul Adha yang jatuh 11 Agustus 2019 mendatang, Polres Banyumas akan menurunkan tim khusus ke lapangan.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Senin (29/7/2019) menjelaskan larangan penyembelihan sapi betina produktif tertuang dalam Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan pasal 18 ayat (4), menyebutkan setiap orang dilarang menyembelih ternak ruminansia kecil betina produktif atau ternak ruminansia besar betina produktif.

“Sedang dalam pasal 86, diatur sanksi pidana kurungan bagi orang yang menyembelih ternak ruminansia besar betina produktif paling singkat 1 tahun dan paling lama 3 tahun, dan denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 300 juta,” kata AKBP Bambang YS.

Menurutnya berkaitan larangan tersebut dengan harapan untuk mempercepat program swasembada daging sapi. Karena itu, bersama dinas terkait melarang Rumah Pemotongan Hewan (RPH), jagal, pedagang dan warga, menyembelih sapi betina produktif. Langkah yang akan dilakukan yakni tim gabungan akan melakukan pengawasan di sejumlah RPH oleh personel kepolisian.

 

“Saya minta untuk tidak potong sapi betina masih produktif, karena ada undang-undang dengan sanksi pidana.Jika terjadi pelanggaran, dari Reserse akan bertindak dengan dasar undang undang tersebut,” tegas Bambang YS.

Ketua Asosiasi Pedagang Sapi Banyumas, Endar Susanto yang dihubungi terpisah menyambut baik rencana Polres Banyumas untuk menurunkan tim khusus untuk mengawasi adanya larangan pemotongan sapi betina produktif. “Saya menyambut baik, sehingga produktivitas sapi dan swasembanda dagi sapi akan terpenuhi,” kata Endar. Ia juga minta polisi untuk mengawasi jagal atau RPH milik swasta, sehingga dengan adanya pengawasan kualitas daging akan lebih terjamin.

Sumber: krjogja.com

Berita lain:
NTB Siap Penuhi Kebutuhan Daging Sapi di Jakarta – 
Jelang Idul Qurban, harga sapi terus naik – 
Kelesuan Bisnis Sapi Potong –  

 

By | 2019-07-30T09:50:12+00:00 July 30th, 2019|Berita, Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment