Kandungan Gizi pada Daging Bakal Terus Terjaga

Home/Peristiwa/Berita/Kandungan Gizi pada Daging Bakal Terus Terjaga

Cara menyimpan daging agar tetap segar tentunya wajib sase lovers ketahui. Terutama cara menyimpan daging ini juga mampu memberikan kualitas daging yang maksimal. Sehingga menu sajian Idul Adha jadi terasa semakin lezat jika mengikuti cara menyimpan daging sapi agar tetap terasa segar berikut ini.

Menyimpan daging untuk disiapkan sebagai menu idul adha tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan hal-hal penting yang wajib diperhatikan saat menyimpan daging. Dengan mengikutinya, niscaya daging sapi kita akan terjaga kesegaran, tekstur, dan rasanya.

Berikut ini cara menyimpan daging sapi agar gizi pada daging sapi tetap terjaga.

  1. Setelah dibeli, apabila tidak langsung dimasak, simpanlah daging di lemari es bagian paling dingin dengan suhu minus 1-5 derajat celcius.
  2. Selalu taruh daging mentah/segar dalam satu lapisan saja. Jangan ditumpuk agar ada sirkulasi udara antar daging dan daging tidak menempel satu sama lain.
  3. Lebih baik membekukan daging dalam potongan kecil daripada utuh-utuh. Apalagi jika ingin digunakan dalam waktu dekat.
  4. Sebenarnya, daging mentah lebih baik tidak dicuci. Apabila kotor, cukup potong bagian yang kotor. Pasalnya, daging juga mengandung bakteri. Apabila dicuci, kita justru menyebarkan bakteri-bakteri pada daging sapi tersebut ke lingkungan sekitar kita.
  5. Untuk memudahkan penggunaan, simpan daging sapi dalam kantong plastik atau wadah plastik tertutup sejumlah yang akan digunakan per porsi di dalam lemari es.
  6. Jika daging sapi akan dimasak keesokan harinya, ambillah porsi yang akan dimasak. Taruh daging sapi di chiller agar daging sapi tidak beku waktu dimasak. Proses mencairkan daging beku di suhu kulkas ini disebut thawing.
  7. Dalam proses thawing, kita tidak disarankan melakukannya dengan cara merendam daging dalam dari. Pasalnya, daging bisa cepat busuk dan menyerap air.
  8. Untuk masa penyimpanannya, daging segar yang disimpan di refrigerator bisa digunakan dalam waktu 3 hari. Sedangkan, daging yang disimpan di freezer bisa digunakan selama satu tahun.

Nah, itulah cara menyimpan daging sapi sesuai dengan yang direkomendasikan oleh MLA (Meat and Livestock Australia).

Yuk, kita ikuti agar bahan baku kita terjaga mutunya.

Sumber: grid.id – 

Berita lain:
Penjual Sapi Kurban Mulai Marak di Balikpapan, Harga Sampai Rp 20 Juta/Ekor – tribunkaltim.com 
Produktifitas sapi hasil IB semakin baik di Aceh – antaranews.com 
Kedatangan Sapi Meningkat, Pengawasan Diperketat untuk Cegah Peredaran Antraks – pikiran-rakyat.com 
Begini Cara Memilih Bakso Daging Sapi Asli- beritasatu.com

 

By | 2019-07-15T09:32:58+00:00 July 15th, 2019|Berita|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment