Amar Putusan MK: Impor Daging India Bisa Dihentikan

Home/Peristiwa/Amar Putusan MK: Impor Daging India Bisa Dihentikan

Kamis, 23 Maret 2017

Upaya impor ternak dan produk hewan bisa dilakukan oleh pemerintah setelah Makamah Konstitusi (MK) menyampaikan amar putusan terkait gugatan terhadap Undang-Undang nomor 41 tahun 2014. Hal ini disampaikan oleh Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita melalui media cetak (sumber) dalam artikel yang berjudul “Importasi Berbasis Zona Pasca Putusan MK”. Menurutnya pemasukan ternak dan/atau produk hewan dari suatu negara dapat dilakukan dengan tetap memperhatikan kepentingan nasional dan memenuhi persyaratan dan tata cara pemasukan ternak dan atau produk hewan.

Namun, berdasarkan amar putusan MK ia menyatakan bahwa dengan keputusan ini maka importasi daging dari India bisa dihentikan sementara. “Kalau sudah tidak boleh dari India kita mencari alternatif lain,” ungkap Ketut yang dikutip dari sumber. Terhentinya importasi daging dari India ini disebabkan oleh Undang-Undang. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron menyatakan importasi daging dari India tidak terkait dengan aturan zona based dan country based karena negara ini belum bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Untuk memasukan ternak atau produk hewan dari daerah zona base, maka pemerintah harus memenuhi persyaratan dan melakukan keamanan maksimum. “MK memutuskan terhadap zona based dengan prasyarat yang harus dilakukan pemerintah terhadap yang zona based salah satunya adalah pengetatan dan keamanan,” katanya dikutip dari sumber. Dalam artikel ini Herman juga menyampaikan bahwa Peraturan Pemerintah nomor 4 tahun 2016 pasal 6 ayat 1(c) tidak relevan dengan Undang-Undang Peternakan dan Kesehatan Hewan sehingga inskonstitusional. “Kalau inkonstitusional seharusnya PP itu direvisi karena tidak boleh bertentangan dengan Undang-Undang,” ungkapnya.

Sumber: Trobos edisi 210/tahun XVIII/Maret 2017
Importasi Berbasis Zona Pasca Putusan MK – Trobos
Importasi dari Zona Based Dilanjutkan – Trobos

Baca juga
Meksiko hentikan impor daging dan unggas dari Brasil – antaranesw.com
Cina Tarik Daging Impor Asal Brasil dari Pasaran – republika.co.id
Pantau Harga dan Pasokan Jelang Puasa, Mendag Gelar Rakor – tempo.co

By | 2017-06-09T09:05:41+00:00 June 9th, 2017|Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment