KPPU Sidak Daging Sapi ke Pasar Tradisional

Home/Peristiwa/KPPU Sidak Daging Sapi ke Pasar Tradisional

Syarkawi Rauf, Ketua Komisi Pengawas Persainagan Usaha melaui media online (sumber) dalam artikel yang berjudul “Cek Harga Daging Sapi di Konsumen Akhir, KPPU dan Satgas Pangan Polda Jawa Barat Sidak Pasar Cihaurgeulis Bandung”, Sabtu (20/5) menyatakan bahwa sidak di pasar tradisonal dilakukan untuk memastikan informasi ketersediaan dan harga daging sapi di tingkat konsumen akhir. Berdasarkan berita yang dirilis oleh sumber diberitakan bahwa Syarkawi melakukan sidak daging sapi di pasar Cihaurgeulis, Bandung, Sabtu (20/5).

Sidak yang merupakan tindak lanjut dari hasil sidak di Rumah Potong Hewan (RPH) Ciroyom Bandung, Jum’at (19/5) ini diikuti oleh Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol. Bambang Purwanto, SH, MSi. Direktur Kriminal Khusus Polda Jawa Barat, KBP Samudi, S.Ik MH. Dirjen Peternakan & Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita. Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan, Dipl., Ing. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Ir. Tjahya Widayanti, MSc, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat, Hening Widiatmoko.

Menurutnya, Hal ini perlu dilakukan untuk mengukur kesesuaian data yang diperoleh dari hasil sidak yang dilakukan di RPH Ciroyom Bandung 7 jam sebelumnya. Sebelumnya diperoleh informasi bahwa rata-rata pemotongan harian di RPH Ciroyom berkisar 64-75 ekor sapi, sedangkan di RPH Ciranjang berkisar 41-42 ekor sapi, atau total rata-rata 105-107 ekor sapi per hari dipotong dikedua RPH ini, dan akan meningkat 4 sampai 6 kali lipat pada bulan Ramadhan dan jelang Idul Fitri.

Berdasarkan pantauan di Pasar Cihaurgeulis Bandung, pasokan dan harga daging sapi masih dalam kisaran normal. Has Dalam Rp 135.000,- per kg, paha depan Rp 110.000,- per kg, dan paha belakang Rp 120.000,- per kg, sedangkan harga perolehannya dari RPH berkisar Rp 95.000,- per kg (karkas).

Sumber: KPPU.go.id

Baca juga
KPPU: Ramadan-Idul Fitri, tak ada dasar harga daging naik signifikan – merdeka.com

Harga Tinggi, Permintaan Daging Segar Menurun di Masyarakat – liputan6.com

Bulog DIY Menambah Persediaan Daging Beku – bisnis.com

Kementan: Stok Daging untuk Puasa dan Lebaran Aman – detik.com

Kementan: Impor Sapi Bakalan di 2017 Baru Terealisasi 111.886 Ekor – detik.com

Sambut Puasa, Pemerintah Impor Daging Sapi 174.448 Ton – industry.co.id

By | 2017-05-22T10:02:32+00:00 May 22nd, 2017|Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment