Mendag Ingin Turunkan Harga Sapi 1 Dolar Australia/Kg

Home/Peristiwa/Kebijakan Pemerintah/Mendag Ingin Turunkan Harga Sapi 1 Dolar Australia/Kg

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita berharap pada tahun depan harga sapi bakalan impor bisa ditekan sebesar 30% atau sekitar 1 dolar Australia per kilogram (kg). Bila ini terjadi, maka pemerintah akan bisa menetapkan harga rata-rata nasional untuk daging sapi segar.

Baca juga
Pemerintah Akan Stabilkan Harga Daging Sapi Rp 80 Ribu
Mendag akan Atur Harga Rata-rata Daging Sapi

Saat ini, pemerintah Indonesia mengimpor sapi bakalan dari Australia dengan harga 3,5 dolar Australia per kg. Menurut Enggar, saat ini pihaknya bersama pemerintah Australia sedang mengkaji skemanya. Sebab, ini harus dilakukan agar adanya keadilan dalam hal penyerapan daging dari para peternak lokal dan hasil sapi bakalan impor.

“Mudah-mudahan saya bisa membantu untuk penurunan harga sapi bakalan paling tidak 1 dolar Australia per kg. Itu proses yang kami juga lakukan pembicaraan dengan Menteri Perdagangan Australia,” ujarnya dalam konferensi pers di Kemendag, Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Selain itu, Enggar juga berencana akan menetapkan harga rata-rata nasional untuk daging sapi beku menjadi sebesar Rp80 ribu per kg. Ini termasuk hasil impor daging beku dari berbagai negara yang selama ini menjadi mitra dagang Indonesia.

“Jadi, akan ada dua harga, dua jenis. Untuk daging beku mulai daging India dan segala macam seluruh dunia yang ada, Australia, Selandia Baru, segala macam, yang average harganya Rp80 ribu per kilogram,” paparnya.

Sumber: okezone.com

By | 2017-05-09T07:49:44+00:00 December 9th, 2016|Kebijakan Pemerintah, Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment