5 Manfaat sehat daging merah, sudah tahu?

Home/Peristiwa/5 Manfaat sehat daging merah, sudah tahu?

Daging sapi merupakan salah satu daging merah yang mengandung Protein, Vitamin B12, Asam linoleat, Zinc dan Asam lemak omega 3 yang dibutuhkan oleh tubuh

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Pertanian Indonesia menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang berupaya mewujudkan swasembada daging melalui program Pencanangan Upaya khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) di kabupaten Malang. Program tersebut disampaikan melalui kunjungan drh. I Ketut Diarmita ke kabupaten Malang, Jumat (2/12) lalu.

Baca juga
Resep Cara Membuat Steak Daging Sapi Enak

Swasembada daging sapi sendiri merupakan kemampuan pemerintah sebagai regulator menyediakan 90 persen dari total kebutuhan daging sapi lokal di dalam negeri. Sedangkan sisanya, mengambil dari impor baik sapi bakalan dan impor daging.

Melirik pada daging sapi, ini merupakan pangan yang bernilai gizi tinggi. Daging sapi sebagai salah satu jenis dari daging merah menyimpan manfaat kesehatan untuk tubuh. Dilansir dari merdeka.com, berikut lima manfaat sehat dari kandungan nutrisi daging merah.

Protein
Protein adalah nutrisi utama yang dikandung oleh daging merah. Otot dan hormon yang sehat merupakan manfaat utama dari terpenuhinya kebutuhan protein tubuh.

Vitamin B12
Bahan makanan hewani adalah salah satu sumber dari vitamin B12. Vitamin ini baik untuk mendukung kesehatan darah dan sistem saraf. Kurangnya asupan vitamin B12 terutama bagi ibu hamil adalah dapat menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi buruk.

Asam linoleat
Daging sapi dan daging domba mengandung asam linoleat. Nutrisi ini kaya akan zat anti oksidan dan anti karsinogen sehingga efektif dalam menangkal berbagai jenis kanker.

Zinc
Kandungan zinc yang ada di dalam daging merah bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain zinc, kandungan seng juga mampu meminimalkan efek penuaan dini.

Asam lemak omega 3
Asam eicosapentaenoic atau EPA adalah lemak omega 3 yang dapat ditemukan dalam daging sapi serta ikan. Asam ini mampu meningkatkan kesehatan emosional, kemampuan kognitif, dan kesehatan secara umum lainnya.

Daging merah, termasuk daging sapi ternyata menyimpan sederetan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Meski begitu, sebaiknya mengonsumsi daging merah dalam jumlah yang wajar, serta pilihlah daging dengan sedikit lemak.

Sumber: malang.merdeka.com

By | 2016-12-06T02:53:43+00:00 December 6th, 2016|Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment