Gapuspindo Bertemu Staf Khusus Wapres

Home/Peristiwa/Gapuspindo Bertemu Staf Khusus Wapres

Dewan Pengurus Gapuspindo menghadiri undangan rapat dari staf ahli Wapres (Wakil Presiden) di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (8/8). Pertemuan ini membahas tentang peningkatan produksi daging sapi nasional. Rapat yang dipimpin oleh Muhammad Abduh, staf khusus Wapres bidang infrastruktur dan investasi ini juga dihadiri oleh Sofyan Wanandi, tim ahli Wapres. Staf Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian serta Farid Bahar, konsultan UPSUS swasembada pangan Kementerian Pertanian.

Dalam pertemuan ini M. Abduh menyampaikan bahwa pemerintahan Jokowi – JK memiliki program peningkatan produksi daging sapi untuk meningkatkan konsumsi daging sapi perkapita pertahun, supaya sejajar dengan konsumsi daging sapi perkapita pertahun negara tetangga menjelang akhir tahun 2018. Sasaran program ini dengan meningkatkan angka konsumsi daging sapi perkapita dari 2,56 kg perkapita pada tahun 2015 menjadi 3 kg perkapita dalam 3 tahun. Menurutnya sasaran ini bisa dicapai dengan menggerakan pengusaha sapi yang bergerak dalam bidang breeding dan penggemukan sapi potong.

Melakukan impor sapi bakalan bisa mewujudkannya. “Program ini bisa tercapai jika kuota impor sapi bakalan didasarkan pada kapasitas kandang dan ketersediaan pakan,” jelasnya. Ia juga menyatakan bahwa pengadaan sapi potong diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi. Selain itu, impor sapi potong mampu memberi nilai tambah yang lebih besar dibandingkan dengan impor daging beku segar. “Karena disamping menjual dagingnya, darah, jeroan, kulit, tulang-tulangnya serta kotorannya masih mempunyai nilai jual,” ungkapnya.

 

By | 2016-09-14T07:09:42+00:00 August 10th, 2016|Peristiwa|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment